Kamis, 22 November 2012

Penjabaran Visi dan Misi BEM FE UNJ 2013-2014



Visi
Terwujudnya BEM FE UNJ sebagai lembaga yang Sinergis dan Profesional dalam rangka memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik untuk seluruh Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan Masyarakat Umum.

BEM FE UNJ sebagai lembaga eksekutif satu-satunya di Fakultas ini hadir di tengah-tengah civitas akademika Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta untuk sepenuh hati dapat melaksanakan esensi dari fungsinya yakni memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik dari kami baik dalam tingkat jurusan, fakultas, universitas, ekstra kampus dan juga masyarakat umum. Visi ini merupakan cita-cita besar yang kami emban selama setahun kedepan dengan harapan bahwa BEM FE UNJ hadir untuk membawa perubahan yang bermakna.
Dalam hal ini untuk menunjang Visi besar tersebut di atas, kami membawa 5 misi, diantaranya adalah 


1. Menjadikan sinergisitas internal kader BEM FE UNJ yang solid, unggul, dan militan serta mengedepankan basis “Good Organization Governance”.

Internal Kader atau Pengurus BEM FE UNJ diharapkan dapat solid dan bersinergi. Kaderisasi ibarat sebuah jantung dalam tubuh manusia atau motor pada sebuah kendaraan. Apabila jantung seseorang berhenti maka matilah seseorang tersebut, begitu juga pada sebuah motor yang mati pada sebuah kendaraan. Apabila Kaderisasi pada sebuah organisasi mati maka tinggalah menunggu waktunya untuk kehancuran organisasi tersebut. Kaderisasi yang unggul, solid, dan militan adalah sebuah harga mati yang harus dicapai dalam sebuah organisasi. Pengembangan Softskill dan Hardskill juga harus berjalan seiring waktu sehingga output yang dihasilkan dapat menunjang kebermanfaatan BEM FE UNJ.

Ketika melihat internal sebuah organisasi maka organisasi tersebut harus dapat memformulasikan bagaimana sistem tata kelola yang diciptakan untuk organisasi tersebut seperti pengelolaan keuangan, sumber daya, pengelolaan program kerja, hingga manajemen organisasi secara keseluruhan sebagaimana orgasisasi profesional menjalankan fungsi-fungsi tersebut dengan sangat baik. Oleh karena itu prinsip dan asas dari “Good Organization Governance” yang ditanamkan adalah layaknya dengan organisasi profesional yakni “TARIF” : Transparansi, Akuntabilitas, Responsibility (Pertanggungjawaban), Independency (Kemandirian), Fairness (Kewajaran). Seluruh aspek yang ada dalam BEM FE UNJ mulai dari BPH (Badan Pengurus Harian), dan Biro serta Departemen dan Divisi yang ada, juga dengan hadirnya sebuah Biro Pengawasan Internal (Internal Control) untuk menunjang hal ini.

2. Memberikan pelayanan yang terbaik dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan potensi akademik serta non akademik seluruh Mahasiswa FE UNJ.

BEM FE UNJ akan terus memberikan pelayanan yang terbaik dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan potensi akademik serta non akademik seluruh mahasiswa FE UNJ. Dalam hal ini ada 3 poin penting yang kami angkat untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam bidang :



  •     Pelayanan dan Advokasi Mahasiswa FE UNJ.
  •     Peningkatan Kompetensi dan Prestasi Mahasiswa FE UNJ.
  •     Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa FE UNJ.

3. Berperan aktif dalam membentuk gerakan budaya ilmiah pengembangan intelektual mahasiswa FE UNJ (Gerakan Baca, Tulis, dan Diskusi).

BEM FE UNJ diharapkan dapat hadir untuk berperan aktif dengan seluruh elemen mahasiswa FE UNJ dalam rangka mewujudkan FE UNJ sebagai Fakultas yang memiliki gerakan ilmiah, kritis, dan dinamis. Sejatinya pergerakan mahasiswa diawali dengan gerakan ilmiah dan literasi yakni baca, tulis dan diskusi.

Realita hari ini adalah semakin sedikitnya kuantitas-kuantitas mahasiswa yang menghadiri kajian serta diskusi yang diadakan oleh para pengurus opmawa. Itu membuktikan bahwasanya semangat pergerakan yang ada pada mahasiswa semakin menurun. BEM FE UNJ memiliki peran yang sangat vital untuk menumbuhkembangkan budaya ilmiah pengembangan intelektual mahasiswa disini.

4. Menciptakan harmonisasi dalam komunikasi dan koordinasi antar lembaga formal dan organisasi mahasiswa tingkat jurusan, fakultas, universitas, dan eksternal kampus.

BEM FE UNJ hadir disini sebagai satu-satunya lembaga eksekutif di Fakultas Ekonomi UNJ tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi dan peranannya. Artinya, BEM FE UNJ harus bersinergi dan membangun harmonisasi dengan seluruh pihak yang terkait. Membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak birokrat seperti Kajur, Dekanat, dan Rektorat sebagai stakeholders terkait.

Dan juga tak kalah pentingnya dengan organisasi (Opmawa dan Ormawa ) tingkat jurusan (HMJ Ekonomi Administrasi, HMJ Akuntansi, dan HMJ Manajemen), tingkat Fakultas (BPM, BSO KSEI, BSO Al Iqtishodi, Econo Channel), BEM Fakultas se UNJ, tingkat universitas yakni BEM UNJ sebagai induk dari seluruh lembaga eksekutif di kampus ini. Serta tidak luput kami membangun jaringan-jaringan di luar kampus seperti BEM FE kampus lain untuk membangun kerjasama dan eksistensi lembaga.

5. Memberikan penguatan yang aktif dan kontributif dalam pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat umum.

Tak luput dari perhatian kami sebagai lembaga eksekutif mahasiswa untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi poin ke-3 yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. BEM FE UNJ hadir tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik tidak hanya kepada seluruh Civitas Akademika Fakutas Ekonomi UNJ, tetapi juga memberikan penguatan yang aktif dan kontributif dalam memberikan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat umum.

BEM FE UNJ dalam hal ini sudah memiliki Community Development (Sebuah Desa Binaan) yang dikelola dan dikembangkan oleh kami untuk memberdayakan masyarakat untuk pengembangan potensi-potensi yang dimiliki. Efektivitas dan kontinuitas pelaksanaan Comdev harus diperhatikan serta memiliki rencana strategi untuk tujuan langkah panjang pengembangan pemberdayaan.
Lebih dari itu, kami juga terus mengawal isu-isu dan permasalahan yang berkembang di masyarakat dalam seluruh aspek yang meliputi. BEM FE UNJ harus aktif dan kritis dalam hal ini, kontribusi pemikiran juga dikembangkan terhadap kebijakan-kebijakan kampus maupun pemerintahan.

Setelah menimbang serta menganalisis pentingnya BEM FE UNJ ini terus menambah kapasitasnya dalam menjadi organisasi yang representative mahasiswa dan miniature Negara maka dirumuskanlah berbagai isu yang hari ini harus diperbaiki, dikawal, dan dijaga agar tetap dapat berefek bagi perbaikan diri, lingkungan, kampus, bangsa dan Negara.

Isu-isu yang wajib digarap kedepan :

·         MOTIVASI BERORGANISASI
·         BUDAYA AKADEMIS
·         PERGERAKAN MAHASISWA
·         KOMUNIKASI DAN KONEKSI
·         MINIM PRESTASI
·         MINIM FASILITAS
·         PENYALURAN BEASISWA DAN DANA BANTUAN UNTUK MAHASISWA
·         JARINGAN DAN PERAN ALUMNI FE UNJ
·         dll

0 komentar:

Posting Komentar